HomeEkbisOlahragaTeknologiGaya HidupKesehatanEnglish

 

  HOME
  OLAHRAGA
  GAYA HIDUP
  TEKNOLOGI
  KESEHATAN
  EKBIS
  ENGLISH

 
 
 WANITA

Vitamin D Hambat Kanker Payudara
(Minggu,18/05/2008:pkl.11.00 wib)

JAKNEWS.COM---Para penderita kanker payudara mungkin bisa menurunkan tingkat vitamin D untuk mengurangi sekaligus menghambat penyebaran vitamin D. Penelitian dari periset Dr Pamela Goodwin di Mount Sinai Hospital di Toronto (Kanada) itu sekalihus menunjukan bahwa vitamin yang berasal dari pancaran sinar matahari merupakan penghambat utama kanker.

Selain dari pancaran sinar matahari, sumber vitamin D juga bisa didapat dari sejumlah makanan sdan suplemen.

'Ada perbedaan besar,' jelas Dr Goodwin mengomentari soal hanya 24 persen wanita yang ikut dalam studinya yang mampu menurunkan tingkat darah akibat konsumsi vitamin D.

Para wania itu semuanya sebelumnya ditengarai mengalami kanker payudara dimana pancaran sinar matahari akan menghambat upaya itu bila waktu yang diberikan cukup.

Jika pancaran sinar matahari ini diberikan secara berlebihan maka justru akan menimbulkan kanker kulit.

Dalam 10 tahun penelitian Dr Goodwin ini, hanya sekitar 24 persen yang mampu bertahan hidup sementara 73 persen sisanay meninggal karena kanker payudara.

"Ini merupakan kali pertama vitamin D dikaitkan dengan kanker payudara,' aku Dr Goodwin.

Dr Goodwin mengingatkan bahwa sebaiknya konsumsi vitamin D bukan berasal dari suplemen namun dari sumber asli dari vitamin D itu sendiri.

"Kami tidak memiliki ide berapa besar vitamin D yang harus dikonsumsi,' jelas Dr. Julie Gralow seorang spesialis kanker dari University of Washington di Seattle.

Hasil studi Dr Goodwin kali pertama dipublikasikan oleh `the American Society of Clinical Oncology` pekan ini dan akan dipresentasikan secacara formal pada pertemuan tahunan kelompok ini pada akhir mei 2008.

Sejumlah riset memang telah memberikan manfaat konsumsi vitamin D ini dimana sebelumnya vitamin D dianggap bias membantu melindungi dirid ari kanker prostate, payudara dan usus.

Didalam uji laboratroium, vitamin D bisa menahan laju ketidaknormalan sebuah perkembangan sel.

Untuk melakukan studi ini, Dr Goodwin melibatkan 512 wanita antara kurun waktu 1989 dan 1995.

Vitamin D banyak didapat dari ikan salmon dan sejumlah minyak ikan, susu dan makanan lainya dimana kanker payudara merupakan penyakit kanker yang banyak menghinggapi kaum wanita.

nyahoo/JAK07

 

 
IndeksBerita Hari Ini
 


ARTIKELBERITA
Vitamin D Hambat Kanker Payudara (18/05/2008:11.00)
Obesitas Sumbang Pemanasan Global (16/05/2008:11.00)
Merokok Picu Kematian Mendadak (15/05/2008:11.00)
Studi: Remaja Putri Harus Latihan (14/05/2008:11.00)
Menyusui Hindarkan Arhritis (13/05/2008:11.00)
Cara Baru Deteksi Pre-Eclampsia (12/05/2008:11.00)
Ayah Depresi Berdampak Pada Anak (11/05/2008:11.00)
Obat Pelangsing Mungkin Merusak Otak (09/05/2008:11.00)
Jangan Berlebihan Atau Kekurangan, Saat Tidur (08/05/2008:11.00)
Bentuk Kaki - Tangan & Ingatan (07/05/2008:11.00)
Obesitas Dan Lama Kehamilan (06/05/2008:11.00)
Diet Untuk Penderita Epilepsi (04/05/2008:11.00)
Obesitas Berdampak Pada Asma (02/05/2008:11.00)
 



Copyright © 2000 Zeus Group International All Rights Reserved